Cerita dari Anak Gizi

Entah ya dua minggu terakhir lagi hectic banget buat nulis blog, karena bener-bener lagi jenuh sama yang berbau 'selai ubi jalar'. Iya skripsi gue :-( plusss UAS plusss jadwal PKL. Yass mahasiswa tingkat akhir periode 2!

Oke, masuk ke pokok bahasan.

Tau gizi engga? Yang orang pada ngeh itu 'nutrisi'. Enyaa atuh nutrisi jeung gizi nya saruaa.. Tong mikirkeun pusing-pusing kitu nya hehe. Padahal lebih tepatnya buat manusia itu istilahnya gizi, bukan nutrisi. Nah, yang bikin greget adalah kebanyakan orang awam selalu nanya 'emang kerjanya gizi ngapain sih? Masak?'. Ada lagi kalo di Rumah Sakit, ahli gizi malah disangka perawat atau bidan. Padahal perannya penting banget tuh, bukan cuma buat orang sakit tapi buat orang sehat juga.

Katanya, pekerjaan yang paling mengasyikkan itu adalah hobi yang menghasilkan uang. Ga juga loh.. Tapi profesi yang ngasih benefit juga di kehidupan nyata. Ya salah satunya adalah gizi. Gizi itu bukan cuma ngurus orang sakit, tapi ngatur pola makan kita tiap hari juga bisa banget (nya atuh teh).

Waktu praktek dietetik, bikin menu terbanyak. Jaman D3 :-)

Profesi gizi masih belum membooming di kalangan masyarakat awam. Yang mereka tau, gizi kerjanya didapur. Padahal orang gizi tuh keren-keren loh.. Bisa masuk teknologi pangan atau QC di bagian produksi perusahaan makanan, bisa jadi konsultan gizi dikatering diet, bisa jadi ahli gizi dirumah sakit, bisa kerja di BPOM, di lembaga masyarakat, di puskesmas, di dinas kesehatan bahkan kementrian, dan masih banyak lagi.. Sama halnya orang KesMas (Kesehatan Masyarakat), lowongan kerjanya luas. Karena gizi dibagi jadi 3 peminatan.

Pertama, Gizi Klinik. Semuaaaa mengenai diet-dietan (yang paling gue ga suka haha). Biasa disebut dietitian. Nah kerjanya bisa di Rumah Sakit, dan di tempat konsultasi gizi manapun dah. Biasanya kalo di Rumah Sakit, ngatur diet semua pasien plus ngasih konseling atau penyuluhan (untuk pasien rawat inap), ngasih konsultasi gizi (untuk pasien rawat jalan, rujukan dari dokter). Bisa kerja di apotek yang nyediain tempat konsultasi gizi dll. Nah, bisa juga kerja di perusahaan-perusahaan besar atau kerja buat atlit. Intinya ngatur diet sama ngasih edukasi tentang gizi gitu..

Kedua, Gizi Masyarakat. Tugas akhir d3 gue dulu ngangkat masalah obesitas di suatu SMA. Nah, masuknya ke gizi masyarakat. Karena sasarannya adalah remaja SMA. Nah, udah ngeh kan gizi masyarakat itu yang kaya gimana... Iya pokonya ngangkat suatu masalah gizi yang ada di masyarakat. Kaya misalnya penyuluhan buat konsumsi vitamin A buat balita, atau penyuluhan konsumsi zat besi buat ibu hamil. Biasanya kerja di puskesmas, dinas kesehatan, dan lembaga masyarakat lainnya. Kerja di organisasi-organisasi sosial juga bisa. Pokonya kerja di masyarakat lebih menantang.

Ketiga, Food Service. Nah, Food Service ini lebih beragam. Ada yang menjurus ke Pangan dan ada yang menjurus ke Manajemen. Kalo Pangan biasanya kebanyakan kerja di perusahaan makanan atau boga (bisa jadi QC yang ngontrol kualitas produksi, neliti kandungan gizi suatu produk dll). Nah kalo Manajemen / biasa disebut MSPMI (Manajemen Sistem Penyelenggaraan Makanan Institusi) bisa kerja di Rumah Sakit, hotel atau katering dll (bagian gizi tentunya bukan yang masaknya yah). Pokonya dari mulai ngatur perencanaan bahan makanan yang masuk sampai dihidangin ke pasien/ klien.

Buat gue, gizi itu ilmunya asik banget karena real. Kita bisa terapin semua prakteknya di kehidupan sehari-hari. Dulu gue ribet banget ngurusin masalah obat ini obat itu, dan sekarang ilmu gizi lebih gampang dicerna daripada ilmu farmasi. Mana yang baik saat keadaan lo kaya gini atau kaya gitu. Dan dari gizi inilah, jadi anak kos pun rela beli buah dan sayur tiap hari asal serat terpenuhi (BAB lancar gitu maksudnya xD).

Tapi jangan salah, ngatur diet itu ga mudah loh. Jadi, jangan sepelekan anak gizi. Apalagi jadi ahli gizi di Rumah Sakit itu kompleks banget kerjanya. Gizi Klinik iya, MSPMI iya, ke pasien-pasien iya dll (makanya gue ga berencana kerja di RS hihi). Entah kenapa ya PKL yang paling gue ga suka adalah PKL RS. 2x PKL RS, dulu farmasi sekarang gizi. Entah dua-duanya punya imej negatif di otak gue. I don't know why.. PKL RS tuh kaya jadi kacung :-( Beda sama PKL desa, lebih enjoy (iyalah). Dimana-mana ya, entah koas atau perawat bidan gizi dll sama aja gitu. Iya, karena tenaga kesehatan tuh tanggungjawabnya besar loh. Mempertaruhkan nyawa manusia ~ bukan hati ya xD Apalagi yang bagian medis kan lebih serem, nah kalo gizi mah penunjang aja. Makanan kan ga langsung buat orang mati (kecuali keracunan ya, tapi itu kan bukan karena makanannya tapi bahan kimia). Orang hipertensi dikasih ikan asin kan ga langsung ~~ Paling banternya stroke dulu. Astaghfirullah.. Da emang gitu kalo gizi, nyambungnya ke penyakit komplikasi. Misalnya abis hipertensi, stroke terus jantung dan seterusnya. Jangan sampe ya Allah.. Semoga kita semua selalu diberi kesehatan ya sama Allah :-) Amiinn..

Ngomongin apa lagi yak ~ Ngomongnya udah ngelantur kemana-mana yak.

Ah iya, yang dipelajarin anak gizi tentunya kompleks. Ada ilmu kedokteran, ilmu keperawatan, ilmu kebidanan, ilmu KesMas, ilmu manajemen, ilmu TekPang, banyak dah pokonya. Karena kerjanya macem-macem. Nah, biasanya peminatannya diambil disaat nyusun tugas akhir. Dulu gue ngambil gizi masyarakat, sekarang teknologi pangan. Intinya minatnya aja kemana sesuai hati, jangan karena paksaan.

Nah, ada tipsnya juga nih buat milih peminatan gizi untuk tugas akhir.

Pertama, pahami betul metode penelitian dari tiap peminatan. Karena semuanya jelas beda banget sasarannya, teknik samplingnya, cara kerja penelitiannya, instrumennya dll. Basically ilmunya juga beda.

Kedua, ikuti kata hati. Yang ini jelas, karena yang akan ngejalanin itu lo sendiri. Dari nyusun bab 1 sampe sidangnya. Jangan pernah ikut-ikutan temen. Kalo ragu, coba konsul sama Allah. Apa yang terbaik buat lo.

Ketiga, Kalo cara diatas masih blm bisa berarti lo harus konsultasi sama dosen atau pembimbing akademik. Kalo lo ngambil ini, gimana bisa selaras engga buat minat lo yang mungkin ada ditengah-tengah tiga itu.

Keempat, cari banyak-banyak judul skripsi orang. Dan coba pilih yang sesuai minat lo, nah berarti lo udah tau mau lo tuh yang kaya gimana gitu.

Nah, kalo sistem kampusnya nerapin online agak susah sih. Jujur, penelitian gue sekarang ini hasil dari usulan judul-judul dosen yg dimasukkin ke website gizi UMS. Misalnya, lo udah nentuin minat lo yang kaya gimana tapi pas disuruh pilih online judulnya ga ada yang sesuai. Yaahh, walau ada iming-iming bakal dibantu dosen tapi tetep ajaaaa T_T ga sesuai ekspektasi awal, akhirnya yah jalanin aja. Sekarang gue malah nginget masa-masa tugas akhir d3 gue yang alhamdulillah lancar, lalu nyadarin lagi skripsi gue yang masyaAllah dari jaman majapahit latar belakang aja kaga kelar-kelar. Memang super ya dunia universitas ini kerasnyaaa... dibanding Poltekkes (dedikasi dosen Potekkes memang hebat! Siang malem ga ada lelahnya nerima bimbingan mahasiswa nyampe curhat lagi), terimakasih dosen-dosen Poltekkes ku yang tercinta.

Mungkin sudah. Maaf banyak curhat, lagi hectic banget soalnya. Tingkat stress meningkat terus. Semoga kita semua dilancarkan masalah akademiknya ya.. Aminn

Abaikan Background yang belum diedit :-)

Beneran kangen euy :-(

Komentar

  1. bismillah masih dibalas kakaknya, sebelumnya blog kaka bermanfaat banget kak. aku boleh minta email kakak ngga ya mau tanya tanya terkait jurusan ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo, boleh. Ini email ku ya rahmawatidianaulia@gmail.com

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Buat Kamu Yang Mau Masuk UMS

About me