Buat Kamu Yang Mau Masuk UMS

Halo.
Buat kalian yang lagi nyari-nyari informasi tentang UMS, gue disini bukan mau ngasih tau informasi yang detaaail tentang UMS. Gue mau share sedikit hal-hal yang mungkin belum kamu tau tentang UMS. Oke, gue bakal share juga biaya hidup dan gaya hidup sebagai anak rantau di Solo itu kaya gimana, buat yang masih ragu pilih Solo buat dijadiin tempat lanjut studi. Yaaah walaupun udah ada ulasan di website resmi http://pmb.ums.ac.id/kenapa-pilih-ums/ tapiii gue bakal coba melengkapi.

1. Punya Berapa Kampus?

Oke, mungkin ini banyak banget yang nanyain soalnya bingung harus daftar kemana, gedung yang mana. Menurut pengalaman soalnya. Nah UMS itu punya 4 kampus plus gedung terbaru yaitu gedung rektorat (gedung induk Siti Walidah). Untuk pendaftaran di gedung rektorat ya..

Gedung rektorat UMS
Nah ini ada daftar kampus-kampus UMS dan fakultasnya.
  • Gedung Induk Siti Walidah (Rektorat), ada di Jl. Ahmad Yani sebelah RS Islam Surakarta depan RS Universitas Negeri Sebelas Maret. Kalo dari arah jogja ada di sebelah kiri. Kalo dari arah Stasiun Puwosari ada di sebelah kanan.
  • Kampus 1 (tempat gue kuliah) itu ada di deket gapura UMS di Jl. Ahmad Yani tepatnya sih di Jl. Garuda Mas. Di kampus 1 ini ada Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Farmasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Hukum, Fakultas Geografi, dan Fakultas Agama Islam.
  • Kampus 2 di Jl. Garuda Mas juga, karena kampusnya seberangan sama kampus 1. Kampus 2 ini ada Fakultas Ekonomi & Bisnis, Fakultas Psikologi, Fakultas Teknik dan Fakultas Komunikasi & Informatika. Kalo ga salah hehe.
  • Kampus 3 ini paling jauh sendiri, di Jl. Kebangkita Nasional, khusus untuk Fakultas Kedokteran Gigi.
  • Kampus 4 masih satu daerah dengan kampus 1 & 2 cuma agak jauh. Ada di Jl. Garuda, mungkin kalo dari jalan raya ga bakal keliatan karena masuk jalan kecil. Ya ga kecil banget sih. Kampus ini khusus buat Fakultas Kedokteran.
2. Anak Kesehatan Punya Aturan Sendiri

Aturan sendiri yang kaya gimana? Nih khusus yang mau lanjut kuliah di bidang kesehatan harus tau. Untuk FIK aka Fakultas Ilmu Kesehatan itu punya aturan yang super ketat soal pakean. Kalo keliatan dosen killer bakal ditegur. Berhubung UMS adalah universitas berbasis islam gitu kan, ya diluar Fakultas Agama Islam, FIK nerapin peraturan untuk pake baju & bawahan non kaos, non jeans, nutupin dada (khusus cewe), dll. Berhubung karena gue anak kesehatan tau peraturannya, nah kalo fakultas lain mungkin ada yang nerapin make non jeans atau semacamnya. Karena mahasiswa FAI, FIK & FKIP itu terkenal alim-alim sih pakeannya. Beda kalo kamu ke kampus 2 hihi walau wajib pake jilbab (yg beragama islam) tapi jeans dibolehin.

3. Baitul Arkham : Sobron

Khusus di UMS ada yang namanya Sobron, apa sih sobron itu? Gue gatau kalo di univ muhammadiyah lainnya ada yang sejenis juga apa engga. Sobron itu hal yang mengasyikkan dan menakjubkan wkwk nyampe ketagihan. Sobron itu semacam pesantren dadakan. Wajib. Kita bakal kebagian jatah 4 hari (ada yang 2 hari 2 hari), full kegiatan keagamaan dari dini hari sampe malem. Nah kan, UMS bukan cuma ngasih ilmu dunia tapi juga ilmu akherat. Kita bakal disediain asrama (tempat tidur, wc, makan, buku-buku) dan ilmu. Peraturan paling penting adalah jangan bawa uang banyak-banyak dan alat komunikasi. Gue gatau ya kenapa Sobron buat mahasiswa UMS image-nya mengerikan banget, awalnya ya gue juga ngerasa gitu. Tapi lama-lama ga ada penyesalan ko, siapa sih yg nyesel dpt ilmu agama yg banyak gitu? Mungkin karena kegiatannya kali ya yg gila2an jadi terkesan 'apaan sihhh' buat mahasiswa. 'Lu lagi haid aja ada hapalannya', so what?

4. Yang Mau Pacaran Jangan di Edupark UMS

UMS punya Edupark. Luasnya 6 hektar, bisa buat jogging, ada lapangan bola, ada pohon-pohon langka, tempat makan, labirin yang keliatannya ga kaya labirin tapi hejooo teuing. Alias ijooo banget. Nah salah satu peraturan di Edupark ini, dilarang pacaran atau berdua-duaan. Katanya mah bisa didenda, cuma belum pernah denger ada yang kena denda sih wkwk

Dari Solopos TV

5. Sakit? Yuk ke MMC

Kalo lagi nge-drop jangan sampe males pergi ke dokter atau lagi kere buat bayar berobat. Nah, UMS sendiri punya klinik gratis nih buat seluruh mahasiswanya. Syaratnya adalah harus menyertakan KTM (kartu tanda mahasiswa), tapi kalo mau berobat pakeannya jangan asal-asalan ya. Di MMC nerapin peraturan buat mahasiswa yang mau berobat, misalnya harus pakai sepatu atau seenggaknya sendal sepatu gitu, terus pakean rapih. Setiap mahasiswa punya kartu berobatnya masing-masing yang disimpen di pihak MMC (untuk yg pernah berobat), kalo belum ya blm ada catatan sakitnya (yaa sama kaya dokter umum di apotek manapun). Bukan cuma dokter umum, di MMC juga ada dokter gigi dan fisioterapinya.

6. Dapet Voucher Bookstore

Untuk setiap mahasiswa (semester 1-6 dan mahasiswa transfer) per semesternya daper voucher gratis buat nukerin buku atau barang-barang lainnya yang ada di bookstore UMS. Vouchernya senilai Rp 100.000 yaaa lumayan kan, 2 buku dapet tuh. Kalo masih dibawah Rp 100.000 bisa ditambahin alat tulis. Tapi inget cuma Rp 100.000 aja, kalo ngambil lebih dari itu ya lebihnya mesti bayar sendiri.

7. Gausah Malu Kuliah di UMS

Teruntuk para pejuang SBMPTN yang belum beruntung (kaya gue), kuliah di univ swasta itu bukan soal 'ah mau kuliah dimana lagi kalo ga swasta'. Jangan salah, kamu masuk UMS harus bangga. UMS bukan swasta abal-abal. Ya, mungkin dilihat dari segi bangunan ga seeemegah gedung-gedung PTN (kecuali gedung FK dan rektorat), tapi dari segi kualitas ga bisa diremehin. Jadi, jangan pernah mikir masuk UMS itu cuma jalan terakhir kuliah.
Univ swasta terbaik di Indonesia
Yang perlu kamu tau, tugas akhir mahasiswa UMS yang sudah lulus pasti akan dipublikasikan di website resmi perpustakaan kampus dalam bentuk naskah publikasi. Artinya, pihak kampus ga main-main dalam segi kualitas tugas akhir mahasiswa sehingga berani mempublikasikannya. Sama halnya UI atau IPB yang peringkatnya diatas UMS. Secara ~

Untuk tes masuk ada 3 gelombang, kalo ikut di gelombang pertama tapi belum lulus boleh ikut di gelombang selanjutnya tanpa harus bayar lagi. Jadi kalo daftarnya di gelombang ketiga, ga ada kesempatan lagi :-(

Nah mungkin untuk info yang belum banyak kalian tau itu aja kali ya, karena gue juga bukan anak reguler jadi ga tau banyak tentang kegiatan-kegiatan di luar perkuliahan. Dan berhubung karena gue juga cuma masuk 3 hari doang dalam seminggu jadi ga terlalu mantau kegiatan kampus. Iya 3 hari doang, karena gue anak transfer (d3 ke s1).


How About Solo?

Nah ini nih, yang biasanya calon maba tanyain diluar tentang kampus tapi juga tentang lingkungan. Alhamdulillah sih ya, biaya hidup di Solo termasuk muraaah meriah. Buat yang mau masak sendiri, banyak ko orang yang jual sayuran juga di sekitar kosan, ada yang keliling, pasar deket juga (sekitar 5 menit naik motor nyampe kali ya). Untuk yang mau make go-food juga bisa. Untuk kisaran harga mulai dari 5rb. Tergantung lauknya sih, kalo beli lauknya aja (nasi masak sendiri) malah lebih muraaah. Tapi untuk makanan khas Solo, buat lidah orang JaBar kaya gue mah agak kurang bersahabat sih. Walau sama-sama masakan jawa, cuma yaaa tetep nomor satu mah masakan daerah sendiri.

Kalo biaya kos budgetnya sekitar 3 juta - 7 juta per tahun. Tergantung fasilitas dan jarak ke kampusnya. Untuk kamar mandi luar biasanya berkisar 3 juta - 5,5 juta, nah kalo kamar mandi dalam > 6 juta biasanya (tergantung fasilitas). Kalo yang make AC mungkin 9 - 12 juta. Ada kos harian, bulanan, pertengah bulanan atau tahunan. Pinter-pinter aja nyarinya. Kalo mau nyari yang rame itu di daerah menco sama gatak, nyari makannya pun deket. Plus jarak ke kampusnya juga deket. Biasanya kalo tempat kosnya deket kampus lebih mahal, tapi tergantung bangunannya juga sih. *sotoy* haha ya menurut pengalaman mah gitu.

Mau belanja kebutuhan harian? jangan khawatir teman-teman, byk kios-kios, mart-mart (alfa, indo, banyak lah pokonya ga apal), As-salaam (supermarket), dan yg masih dlm pembangunan transmart deket bgt (dulunya carrefour).

Anak mall? Solo Square deket banget, + 5 menit lah naik motor. Mall di solo ada Solo Square, Solo Paragon, Solo Grand Mall, The Park, Hartono Mall. Kalo supermarketnya ga bisa disebutin satu-satu, karena ga apal hehe

Untuk transportasi, ada ojek online, taxi, bus kota (Bus Solo Trans), becak, kereta lokal (Semarang-Solo-Jogja). Angkot di Solo sedikit wkwk (emangnya Cirebon). Penting nih buat pendatang yang turun di stasiun manapun di Solo, biar pilih taxi argo karena harga ada taksirannya (minimal 25rb) kalo yg biasa bisa lebih mahal. Kalo mau ke Jogja ditempuh pake motor sekitar 1 1/2 jam. Kalo mau ke Semarang lebih jauh lagi, nyampe 2 jam lebih kayanya. Kalo yang mau jalan-jalan ke Jogja tapi ga ada motor, bisa naik kereta lokal (Prameks) 8rb aja.

Jalanan Solo jarang banget macet (di luar malming ya dan jam-jam tertentu) karena kendaraannya juga ga banyak-banyak banget. Ditambah jalanan besarnya rapih, ga ada yang parkir sembarangan yang bisa makan jalan. Di Solo juga banyak one way-nya, untuk pendatang mending pake google maps aja daripada harus kena tilang. Kalo cuaca mah lumayan panas, tapi ga sepanas Jakarta. Karena banyak penghijauan juga sih di tengah-tengah kota. Intinya kalo kamu mau nyari suasana kota yang nyaman buat kuliah, ya Solo di rekomendasiin banget. Tapi mungkin buat yang suka travel, agak jauh sih sama tempat-tempat wisata alam. Untuk wisata alam sekitar Solo, bisa ditemuin di Karanganyar, Boyolali, Wonogiri, Salatiga dan yang paling banyak ya di Jogja.

Di Solo juga banyak event sih, misalnya festival-festival. Buat yang suka pergi ke toko buku, jangan khawatir di Solo ada Gramedia, Togamas, dan buat nyari yang lebih murah lagi bisa di kios-kios buku yang berjejer di sepanjang Jl. Kebangkitan Nasional.

Nah, yang gue ga suka dari Solo adalah harga tiket keretanya mahal. Makanya kalo pulang biasanya gue jauh-jauh hari mesen tiket karena biar bisa dapet tiket yang murah dan keretanya enak. Karena yang murah pasti cepet abis wkwk. Di Solo ada tiga stasiun, ada Stasiun Solo Balapan (untuk kelas Bisnis sama Eksekutif), Stasiun Purwosari (ini paling deket kalo dari UMS) untuk kelas ekonomi, dan Stasiun Solo Jebres (untuk kelas ekonomi juga). Solo Jebres yang paling jauh sih karena di ujung. Nah kalo mau nyari tiket yang murah dan banyak pilihannya, bisa dari Jogja. Solo juga punya bandara, namanya Adi Sumarmo di daerah perbatasan ke Boyolali. Apalagi yak, mungkin udah cukup lengkap ya.

Info lengkap UMS bisa cek di web resmi www.ums.ac.id atau bisa follow instagramnya @umsurakarta ya! Semoga bermanfaat :-)

p.s perasaan kaya promosi bener yak haha

Untuk nanya-nanya lebih lanjut bisa lewat email ya dianaulia62@gmail.com
Atau dm aja ke ig @itsrhmwt

Karena jarang bgt buka blog yang ini hihi

Komentar

  1. Balasan
    1. maaf balesannya lama. Bandara Adi Sumarmo, ada di perbatasan Sukoharjo-Boyolali

      Hapus
  2. Kak kalo sobron gabole bawa hp gimana pesen gojeknya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ini kurang tau sih ya, tapi biasanya kalo punya temen yang udah pernah sobron mungkin tau jadwal pulangnya. Tanya-tanya aja ya sama yang udah pernah, soalnya udah lupa hehe

      Hapus
  3. Kakk , kalo mau masuk ums ituu ada tes tertulisnya ngga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cek ke https://www.ums.ac.id/id/seleksi-masuk-ums ya

      Hapus
  4. Kak mahasiswanya boleh pake hoodie/ t-shirt nggak?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

About me

Cerita dari Anak Gizi